Kamis, 18 November 2010

Pentingnya komunikasi bagi manusia .


Komunikasi adalah hal mendasar dalam hubungan antar manusia. Komunikasi dapat membantu manusia untuk saling memahami, saling bekerjasama, dan saling bertukar pikiran. Inti dari komunikasi ada dua hal, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal.         Komunikasi verbal adalah pembicaraan secara tatap muka ( face to face ), dimana dua pembicara atau lebih berada dalam satu ruang lingkup yang sama dengan jarak dekat dan saling berbicara dengan bertatapan muka. Hal ini dirasa paling efektif karena dapat menghindarkan kesalah pahaman yang mungkin terjadi.
            Kedua adalah komunikasi non verbal, komunikasi jenis ini adalah komunikasi yang sekarang sedang berkembang, kita tidak perlu bertatapan muka dengan orang yang sedang berkomunikasi dengan kita. Hal ini menjadi mudah seiring dengan perkembangan jaman, dimulai dengan adanya surat, tetelgram, telepon, handphone dan yang sedang marak saat ini melalui dunia maya ( internet ). Berbagai macam perbaharuan perkembangan cara berkomunikasi ditingkatkan agar jarak dan waktu tidak lagi menjadi penghalang. Kalau dulu untuk berkomunikasi dengan saudara kita yang tinggal jauh digunakan surat yang memakan waktu dan kurang efektif bila apa yang ingin disampaikan bersifat mendesak atau darurat, maka kini sudah ada handphone yang dapat langsung menelpon atau mengirim sms guna menyampaikan berita penting, handphone juga membuat kita dapat sering berkomunikasi dan memantau apa yang terjadi di tempat yang jauh dari kita sesering mungkin. Jika handphone efektif untuk orang-orang yang kita kenal maka keberadaan internet memperluasnya, internet membuat kita dapat berhubungan dengan orang yang bahkan kita tidak kenal, internet membuat batasan jarak dan waktu semakin tipis. Tapi seperti apa yang sudah saya katakan diatas, menurut saya setipis apapun perbedaan jarak itu tetap ada. Komunikasi verbal saya rasa lebih baik karna dapat mengurangi resiko dari kesalah pahaman yang mungkin terjadi antara si pemberi berita dengan penerima berita. Walaupun begitu komunikasi verbal juga dapat menimbulkan kesalah pahaman jika ada perantara diantara keduanya, yang mungkin cara penyampaiannya berbeda dengan yang dimaksud si pemberi berita.
            Perkembangan dunia komunikasi tidak selamanya baik, jika diatas dibahas mengenai keuntungannya maka ada juga dampak yang diakibatkan oleh semaikn modernnya cara dan alat untuk berkomunikasi. Seperti contoh dengan adanya internet anak-anak kecil sekarang sudah semakin mahir dalam penggunaan internet, berbagai jejaring social pun sudah taka sing lagi, kegemaran pada game-game online pun sudah menjamur dimana-mana. Bagi saya hal tersebut dapat dikatakan kerugian bagi anak-anak kecil sekarang. Coba kita pikirkan, jaman dulu anak-anak kecil bermain diluar tanpa takut berkeringat, ataupun kelelahan, mereka bermain dengan riang dan merasakan alam dengan tubuh mereka, bukan sekedar teori. Dibandingkan dengan anak-anak sekarang yang hanya duduk di depan computer dan menghabiskan waktu mereka dengan bermain atau membaca teori-teori alam tanpa pernah mengalaminya sendiri, mereka hanya akan tau berdasarkan teori dimana belum tentu teori itu benar dan juga tubuh mereka tidak bergerak atau berkeringat. Hal ini menjadikan perbedaan besar antara orang-orang jaman dulu yang cekatan dan terampil, juga rajin dalam mengerjakan pekerjaan dan tanggung jawab mereka, berbeda dengan orang-orang sekarang yang cenderung pemalas dan tidak bertanggung jawab pada apa yang seharusnya menjadi kewajiban mereka. Orang sekarang lebih banyak menuntut apa yang jadi hak mereka tanpa menjalankan kewajiban yang mereka miliki.
            Maka dari itu mulai sekarang marilah kita sikap berbagai perkembangan tekhnologi ini dengan cermat, tanpa mengurangi manfaatnya tetapi dapat menghindari dampak-dampak yang ditimbulkan. Sehingga tekhnologi tersebut dapat benar-benar menjadi efektif bagi hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar