Jumat, 07 Januari 2011

kekuasaan dan politik


            Tugas saya kali ini tentang kekuasaan. Kekuasaan bukan hanya tentang siapa yang memegang kuasa atau apa saja yang dapat dikuasai tapi juga tentang bagaimana kita dapat menggunakan kekuasaan yang kita miliki secara bijak dan dapat membantu orang lain dengan kekuasaan yang kita punya..
            Pada dasarnya ada berbagai macam kekuasaan diantaranya :
*      Kekuasaan berdasarkan keterpaksaan, kekuasaan seperti ini biasanya karena ditunjuk oleh orang lain.
*      Kekuasaan berdasarkan balas jasa, kekuasaan seperti ini misalnya jika kita meraih suatu prestasi lalu kita diberikan kekuasaan.
           
            Kekuasaan erat kaitannya dengan politik. Dalam dunia politik contohnya di dalam partai politik seorang diberikan kekuasaan karena dianggap pantas dan mampu oleh orang dalam golongan tersebut untuk memutuskan hal-hal krusial yang berhubungan dengan partai politik mereka..
            Pemilihannya dapat berupa rapat internal dan seseorang ditunjuk atau dapat pula melalui voting dan mengumpulkan pilihan-pilihan kadernya dari berbagai kantor cabang partai tersebut berbagai kota, namun cara yang pertama sudah jarang digunakan. Karena Indonesia menganut demokratisasi maka setiap elemen masyarakat berhak memilih pemimpin mereka..
            Memang benar bahwa pemimpin yang baik dapat membawa bangsa/golongan/keluarganya ke arah yang lebih baik, namun semua itu akan sulit jika bangsa/golongan/keluarganya tidak dapat membantu pemimpin tersebut menjalankan tugasnya. Jangan selalu melihat secara negative pilihan yang diambil oleh pemimpin tersebut tapi cobalah melihat dari sudut pandangnya, memahami apa yang sebenarnya ingin dicapai, ingatkan jika pilihan yang diambil salah dan tidak saling menyalahkan melainkan membenahi diri sendiri sehingga sama-sama dapat melakukan hal positif yang berguna bagi bangsa/golongan/keluarganya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar