Minggu, 22 Juli 2012

tugas softskill 3 - kelompok - penulisan ilmiah


BAB I
PENDAHULUAN


1.1.            LATAR BELAKANG MASALAH
Salah satu pekerjaan yang memerlukan bantuan komputer adalah sistem parkir. Dikota – kota besar banyak masyarakat menggunakan kendaraan pribadi sebagai sarana transportasi. Biasanya tempat – tempat pakir membebankan biaya pada pengendara dengan harga yang bervariasi.
Adanya sistem data terkomputerisasi membuat pencatatan data akan lebih terarah dan jelas. Perhitungan biaya yang dibebankan kepada pengendara lebih terperinci dan laporan kendaraan dapat dibuat dengan cepat.

1.2.            BATASAN MASALAH
Dalam penulisan ini akan dibahas mengenai suatu Aplikasi  Parkir pada area perparkiran di Swalayan Ramayana dengan menggunakan Visual Basic 6.0. Aplikasi ini dikhususkan pada penginputan data, perhitungan biaya dan mencetak karcis  pada suatu area parkir.

1.3.            TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisan ini untuk membuat suatu aplikasi  parkir dengan menggunakan Visual Basic 6.0, sehingga memudahkan pencatatan data. Perhitungan biaya yang dibebankan kepada pengendara menjadi jelas dan terperinci serta mengurangi terjadinya kesalahan pencatatan data.

1.4.            SISTEMATIKA PENULISAN
BAB I             PENDAHULUAN    
BAB II            LANDASAN TEORI
BAB III          PEMBAHASAN
BAB IV          KESIMPULAN DAN SARAN










BAB II
LANDASAN TEORI




2.1  Mengenal  MICROSOFT ACCESS 2000
Access 2000 adalah perangkat lunak pengolahan database yang cocok untuk mengolah informasi dalam jumlah banyak. Access 2000 merupakan software manajemen database atau sistem manajemen database yang sering disingkat DBMS.


2.2  Mengenal Visual Basic 6.0
Microsoft Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi Windows yang berbasis grafis ( GUI–Graphical user Interface ). 


2.3 Flowchart
            Flowchart merupakan skema atau bagan yang menggambarkan urutan kegiatan yang terjadi didalam sistem dari awal sampai akhir. Flowchart mempunyai banyak symbol yang bertujuan untuk menjelaskan alur yang dilalui.










BAB III
PEMBAHASAN


3.1.            Prosedur Parkir
Prosedur yang digunakan dalam penulisan ini hampir sama seperti tempat parkir pada umumnya. Seperti kendaraan masuk, petugas mengetik nomor polisi, jenis kendaraan dan mencetak karcis, kemudian memberikan pada pemilik kendaraan. Setelah itu kendaraan diparkir. Pada saat kendaraan tersebut  keluar, pemilik kendaraan menunjukkan cetakan bukti kendaraan masuk, petugas mengetik nomor polisi dan memberitahukan berapa biaya yang harus dibayar.

3.2       Perancangan database
Dalam aplikasi ini penulis hanya memakai ERD (Entity Relationship Diagram) dan juga struktur – struktur database yang di perlukan dalam pembuatan aplikasi ini.

3.2.1        ERD (Entity Relationship Diagram)
            Entity Relationship Diagram atau ERD adalah suatu penyajian data dengan menggunakan Entity dan Relationship.

3.2.2        Normalisasi
Normalisasi adalah suatu proses atau prosedur atau cara yang menjamin sebuah data menjadi efisien yang berfungsi untuk menangani masalah kerangkapan data (redundancy). 

3.3   Desain Input
            Dalam setiap proses harus ada input (masukkan) data baik secara manual maupun membaca dari database. Input data yang diperlukan dalam program ini dibagi menjadi 2 macam data, yaitu Input data parkir masuk dengan memasukkan data nomor plat serta jenis kendaraan dan input data parkir keluar dengan memasukkan data nomor plat kendaraan yang keluar untuk  memanggil atau membaca data parkir masuk dan mengetahui biaya parkir kendaraan tersebut.

3.4 Desain Output
            Output yang dihasilkan pada Aplikasi Parkir Kendaraan bermotor ini merupakan hasil dari kegiatan proses yang berisi data parkir kendaraan masuk dan keluar. Berupa nomor plat kendaraan, jenis kendaraan, jam masuk, jam keluar, tanggal parkir, waktu awal, waktu akhir, kategori, serta biaya yang dikenakan. Juga terdapat beberapa cetakan yang disebut karcis yang diberikan kepada para pengguna jasa parkir dan laporan kendaraan.




















BAB IV
PENUTUP


4.1.        KESIMPULAN          
Adanya Aplikasi Parkir ini dapat bermanfaat bagi pengelola Sistem perparkiran terutama dalam menangani masalah perparkiran, seperti  perhitungan biaya parkir, penginputan dan pencatatan data, serta pembuatan laporan kendaraan. Kesalahan akibat kelalaian atau  ketidaktelitian petugas juga dapat dikurangi dan memperkecil kemungkinan adanya data yang tidak tercatat atau dimanipulasi oleh petugas parkir.
Dalam aplikasi ini terdapat tahap-tahap yang terdiri dari prosedur parkir seperti rumus yang dipakai untuk menghitung biaya parkir, perancangan database, ERD dari aplikasi, normalisasi, struktur database dan cara menjalankan aplikasi ini. Didalamnya juga terdapat flowchart  dan  perancangan input dan output aplikasi.
Dengan aplikasi ini pemakai dapat lebih mudah menangani pekerjaan (pencatatan) data atau informasi hanya dengan bantuan satu media saja yaitu komputer. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan laporan tentang kendaraan yang diparkir dan biaya yang dibebankan.

4.2.        SARAN
Dalam Aplikasi Parkir ini penulis merasa masih banyaknya kekurangan sehingga diharapkan dapat lebih dikembangkan lagi aplikasi yang dirancang ini, seperti mengembangkan program aplikasi parkir ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar