Rabu, 16 November 2011

tugas softskill 3 - technology readyness





Grafik diatas mengenai pontensi pertanian di daerah Amaz Brazil. Pada grafik pertama dijelaskan mengenai total luas yang cocok untuk ditanami masing-masing tanaman, dapat dilihat bahwa tanaman kombinasi mempunyai luas daerah terbesar diikuti oleh tanaman palem, gula (tebu) dan terakhir kacang kedelai. hal tersebut dikarenakan jenis tanah di Brazil dan suhu udara yang cenderung panas, sehingga tanaman jenis palem yang tidak membutuhkan banyak air mempunyai lebih banyak peluang.
                Grafik kedua mengenai total jumlah karbon yang diserap oleh tanaman atau dalam bahasa ilmiah yang digunakan untuk fotosintesis. Jumlah karbon dioksida (co2) yang terbanyak dibutuhkan oleh tanaman kombinasi (gabungan palem, gula, dan kecang kedelai)diikuti tanaman palem, gula dan kacang kedelai. hal ini terjadi karna semakin besar tanaman tersebut semakin banyak karbon dioksida yang dibutuhkan untuk proses fotosintesis, maka dari itu tanaman palem menjadi tanaman yang paling banyak membuthkan karbon dioksida.

Rabu, 09 November 2011

komentar untuk artikel " A Survey on ICT Usage and the Perceptions of Social Studies Teachers in Turkey "

Penggunaan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) dalam dunia pendidikan di Turki sangat bermanfaat untuk menghasilkan generasi muda yang dapat menghadapi arus globalisasi. Tidak hanya dampak positif namun juga terdapat dampak negatifnya, selain pemanfaatannya yang disorot namun bagaimana pelaksanaannya juga harus diawasi dengan seksama. Jika murid dibiarkan bebas menggunakan TIK tanpa diawasi hal tersebut bisa berakibat buruk, ilmu ini akan dimanfaatkan untuk sesuatu yang bukan semestinya.
                Keberhasilan penerapan ini sangat bergantung dari pihak sekolah, dalam hal menyediakan berbagai perangkat yang dibutuhkan siswa dan guru untuk kegiatan belajar mengajar. Guru pun sebaiknya mengikuti perkembangan ilmu ini secara global, tidak hanya terpaku pada buku, agar dapat membimbing muridnya dengan baik. Kepedulian pemerintah Turki pun diwujudkan melalui disediakannya berbagai macam pelatihan mengenai TIK untuk para guru. Seiring berjalannya waktu nyatanya TIK menjadi bagian penting dari sistem pendidikan Turki.